-->

Tugas 2 - Pengertian Skenario, Script, Storyboard Game Sonic


Nama  : Boy Ramdany
NPM : 51416471
Kelas : 3 IA 02

Pendahuluan

Desain Skenario
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.

Script
Dalam pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain dari pada oleh komputer prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.

Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui tentang script, disini ada sedikit rangkuman tentang script :

Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses. Jenis script sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah situs Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
  • Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTML
  • Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.


Storyboard  
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene.

Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.

Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.

Sebaliknya, sebuah site map (peta) atau flow chart (diagram alur) dapat lebih bagus digunakan untuk merencanakan arsitektur informasi, navigasi, links, organisasi dan pengalaman pengguna, terutama urutan kejadian yang susah diramalkan atau pertukaran audiovisual kejadian menjadi kepentingan desain yang belum menyeluruh.

Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik, secara cepat menjadi hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan.

Seorang pembuat Storyboard harus mampu menceritakan sebuah cerita yang bagus. Untuk mencapainya, mereka harus mengetahui berbagai film, dengan pengertian tampilan yang bagus, komposisi, gambaran berurut dan editing. Mereka harus mampu untuk bekerja secara sendiri atau dalam sebuah bagian tiam. Mereka harus mampu menerima arahan dan juga bersiap membuat perubahan terhadap hasil kerja mereka.

Untuk proyek tertentu, pembuat Storyboard memerlukan ketrampilan menggambar yang bagus dan kemampuan beradaptasi terhadap gaya yang bermacam. Mereka harus mampu untuk mengikuti desain yang telah dikeluarkan dan menghasilkan kerja konsisten, yang digambar pada model.

Storyboard pada Game
         Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal / mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game.  misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi mungkin.

Sonic the Hedgehog (karakter)

Sonic the Hedgehog (Bahasa Indonesia : Sonic si Landak) adalah karakter utama dari serial permainan video Sonic the Hedgehog milik Sega. Dia adalah maskot perusahaan permainan video Sega Corporation sejak 1991. Dia adalah landak antropomorfik biru dengan mata hijau, dan mengenakan sarung tangan putih, dan sepatu merah dan putih. Ia berjuang mendedikasikan hidupnya untuk membela planet Mobius terhadap musuhnya, Dr. Julian Ivo "Eggman" Robotnik. Sepanjang jalan, dia telah dibantu oleh banyak karakter, termasuk teman-temannya yakni Miles "Tails" ProwerKnuckles the EchidnaAmy Rose dan Shadow the Hedgehog. Kemampuan terbesar Sonic adalah kemampuannya untuk berjalan pada kecepatan supersonik. Namun, ia juga cenderung membuat keputusan ruam dan tidak suka berada di dekat air karena dia tidak bisa berenang.

Kemampuan khusus

Sebagaimana seekor landak, Sonic memiliki kemampuan menyerang musuh dengan menggulung-kan tubuhnya seperti bola dan saat melompat tinggi. Tetapi Sonic juga memiliki kemampuan khusus, dimana dia dapat melakukan lari cepat dengan kecepatan supersonik, melakukan langkah cepat, menyerang dari jarak tertentu, melompat ganda, serangan berfokus, melakukan lompatan pegas, tendangan berputar, tendangan bor, mendorong cepat, dan bahkan perubahan wujud super. Namun, dalam wujud super, ada juga risikonya. Di saat ia tidak bisa kehilangan cincin oleh karena tertabrak sesuatu, satu cincin secara otomatis dikurangi dari jumlahnya setiap detik. Dalam permainan video Sonic and the Secret Rings (dirilis pada tahun 2007), dengan menggunakan tiga buah cincin misterius yang disebut sebagai World Rings, ia dapat memiliki wujud berwarna ungu kemerahan, dan mungkin saja dirasuki oleh teman setianya Shahra, dan pada kaki dan tangannya terdapat empat buah cincin emas. Dalam permainan video Sonic Unleashed (dirilis pada tahun 2008), ia juga bisa berubah wujud menjadi "landak-serigala" (bahasa InggrisWerehog) pada malam hari dan, daripada berfokus pada kecepatan, ia berfokus pada kekuatan, seperti layaknya karakter kuat termasuk Knuckles the Echidna. Lengannya yang kuat juga dapat meregangkan secara luar biasa, yang memungkinkan Sonic menjangkau ketinggian yang besar dan panjang. Dalam permainan video Sonic and the Black Knight, ia dapat memliki wujud khusus dimana ia mengenakan helm dan pelindung berwarna emas, dan kain merah pada pinggangnya.
Dalam serial televisi Sonic Underground, dia juga memiliki sebuah medali yang tidak hanya berubah menjadi alat musik tetapi juga menjadi senjata ketika dia dan sanak saudaranya (yang juga memiliki medali yang sama untuk masing-masing anak), memiliki hubungan harmonis. Medali milik Sonic adalah sebuah gitar listrik yang dapat berfungsi sebagai senjata, yang juga berfungsi untuk memiliki grup musik band "Sonic Underground".

GAME SONIC-RIDERS
Sonic Riders ( Sonikku Raidāzu) adalah hoverboard balap video game spin-off yang diproduksi oleh Sega dan dikembangkan oleh mereka pihak kedua, United Artists permainan untuk Nintendo GameCube, PlayStation 2, Xbox dan PC. Ini adalah game balap keempat di Sonic Hedgehog seri, didahului oleh Sonic Drift, Sonic Drift 2 dan Sonic R. Kali ini, karakter naik hoverboards disebut "Ekstrim Gear".


Sonic Riders itu diungkapkan oleh Famitsu pada 7 September 2005 sebelum tahun 2005 Tokyo Game Show. Permainan ini dirilis untuk memulai ulang tahun ke-15 dari Sonic Hedgehog seri. Game ini memperkenalkan lima karakter dimainkan baru, penyamun Babel dan seri E-10000. Sebuah sekuel Sonic Riders, berhak sebagai Sonic Riders: Zero Gravity, telah dirilis pada Wii dan PlayStation 2 sistem. Sebuah sekuel kedua, berjudul Sonic Riders gratis, dirilis pada 4 November 2010 untuk Xbox 360 hands-free Kinect perifer

Gameplay
Permainan ini dimainkan secara keseluruhan menggunakan papan melayang-layang, yang berfungsi sebagian besar seperti skateboard. Pemain harus berpacu tujuh pesaing lainnya pada total 16 lagu, 9 di antaranya harus dibuka melalui kemajuan dalam modus cerita, dan dua di antaranya harus dibuka dengan memenangkan emas di setiap Grand Prix Dunia (5 lagu per Grand Prix). Setiap karakter individu memiliki statistik yang berbeda, mengubah kinerja mereka sedikit dalam balapan.
Sebuah komponen kunci dari permainan adalah Air Tank, ditampilkan di pojok kanan atas layar. Air berfungsi sebagai bahan bakar untuk Ekstrim Gear dan habis secara bertahap sebagai perlombaan berlangsung dan dengan manuver tertentu. Ini termasuk menikung, yang memungkinkan pemain untuk putaran tikungan tajam dengan mudah dan ketegangan bangunan sebelum melompat, yang melibatkan menggunakan Air untuk mendorong pemain tinggi off landai. Jika seorang pemain kehabisan udara, karakter mereka akan mulai berjalan, menempatkan mereka di beberapa kelemahan; mereka tidak bisa meningkatkan, serangan, sudut dengan mudah atau menggunakan dibebankan melompat. Setelah pergi landai, pemain dapat melakukan berbagai Trik Air, yang mengisi gauge Air sesuai dengan rating mereka.
Dalam Story Mode, pemain ambil bagian dalam balapan berturut-turut, satu demi satu, berdasarkan alur cerita, untuk mengalahkan penyamun Babel atau Heroes dan memenangkan Grand Prix.

Karakter (Yang Dimainkan)
Sebuah ras 4 pemain di Sonic Riders.
Karakter dalam Sonic Riders dibagi menjadi tiga jenis yang berbeda-beda: Type Kecepatan, Listrik Jenis, dan Tipe Flight dengan pengecualian Super Sonic, yang merupakan satu-satunya karakter yang Kecepatan, Penerbangan, dan Power. Permainan memperkenalkan tiga karakter baru: Jet Hawk, Gelombang Swallow, dan Storm Albatross. Ketiga adalah semua anggota organisasi pencuri yang dikenal sebagai Babel penyamun, yang dipimpin oleh Dokter Eggman selama turnamen sampai titik tertentu dalam permainan. Tergantung pada jenis karakter dan / atau peralatan, pemain bisa menggiling, terbentur hambatan atau terbang melalui cincin dasbor. Klasifikasi masing-masing karakter masing-masing jatuh di bawah tercantum di bawah ini:

Type Speed
Type Speed karakter memiliki tertinggi statistik top speed, tapi akselerasi rendah. Mereka dapat menggiling pada rel ditempatkan di beberapa bagian trek dengan menekan Xbox (A) / PS (X) Button dua kali (sekali untuk melompati pagar, kedua untuk menggiling di atasnya) dan mendapatkan udara saat melakukannya.
·         Sonic The Hedgehog
·         Amy Rose
·         Jet Hawk
·         Shadow The Hedgehog
·         E-10000R
·         Ulala

Type Power
Type Power karakter memiliki yang terbaik off-road daya tahan dan dapat menembus rintangan tertentu pada trek, mendapatkan Air untuk setiap kendala hancur. Kecepatan dan percepatan mereka statistik yang hanya rata-rata.
·         Knuckles the Echidna
·         Storm the Albatross
·         Dr.Eggman
·         E-10000G
·         AiAi

Type Fly
Type Fly karakter memiliki statistik akselerasi tertinggi dan baik statistik top speed. Daya tahan dan menikung mereka berbeda antara karakter ke karakter Namun, membuat mereka agak ambigu dalam hal statistik ini. Mereka dapat udara naik melalui Accelerators dan mendapatkan udara saat melakukannya, sering mengakses shortcut dan kadang-kadang kotak item.
·         Miles "Tails" Prower
·         Wave the Swallow
·         Rouge the Bat
·         NiGHTS
Extreme Gear
Artikel utama: Extream Accecories
Sonic Riders adalah game pertama yang memperkenalkan Gears Ekstrim, berteknologi tinggi hoverboard kendaraan didukung oleh udara yang karakter naik, dan yang merupakan komponen utama dalam gameplay. Setiap karakter yang dapat dimainkan memiliki standar mereka sendiri yang unik Ekstrim Gear, yang hanya bisa mereka gunakan, tapi Gears Ekstrim tambahan dapat diperoleh dalam permainan dengan baik membeli mereka di toko untuk Rings, atau memenuhi persyaratan tertentu, seperti menyelesaikan satu atau lebih misi dengan Rank diberikan. Mereka semua datang dalam berbagai ukuran, penampilan dan warna.
Extreme Gears di Sonic Riders datang dalam tiga jenis, masing-masing dengan atribut mereka sendiri dan penampilan dasar:
·    Board: Menyerupai papan biasa. Jenis Dewan adalah kelas yang lebih seimbang Ekstrim Gear, memiliki statistik rata-rata dan tingkat rata-rata konsumsi bahan bakar.
·       Bike: Menyerupai sepeda motor. Jenis sepeda adalah kelas yang lebih kuat Extreme Gear, tetapi kurang dikendalikan dan kurang hemat bahan bakar. Mereka pertama dapat dibuka dengan mengisi Babel Story Mode sebelum mereka bisa dibeli, apalagi digunakan.
·     Skate: Menyerupai sepatu roda. Jenis Skate adalah kelas kurang kuat Extreme Gear, tetapi lebih lincah dan lebih hemat bahan bakar. Mereka pertama dapat dibuka dengan menyelesaikan Heroes Story Mode sebelum mereka bisa dibeli, apalagi digunakan.



StoryBoard Game Sonic series Hoverboard ( Sonic : Free Riders )








                                                                                        




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugas 2 - Pengertian Skenario, Script, Storyboard Game Sonic"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel