-->

Tugas 3 Softskill - Pengantar Komputasi Modern


Analisis Jurnal "Komputasi Paralel untuk Pengolahan Prestasi Akademik Mahasiswa"

Nama :
- Denny Chanditya M
- Boy Ramdani
- Gema Thareq A
- Rahmat Krishartanto
Kelas : 4IA02
Kelompok 1 : Matematika

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020


Analisis Jurnal "Komputasi Paralel Untuk Pengolahan Prestasi Akademik Mahasiswa"
Berdasarkan jurnal Komputasi Paralel Untuk Pengolahan Prestasi Akademik MahasiswaDi dalam Jurnal tersebut membahas mengenai Komputasi Paralel untuk Pengolahan Prestasi Akademik 
Mahasiswa dimana pengolahan prestasi akademik mahasiswa pada institusi perguruan tinggi dilakukan untuk memperoleh Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) seluruh mahasiswa. Pada Jurnal ini dijelaskan bahwa pada setiap semester dilakukan pengolahan data nilai mahasiswa, untuk mendapatkan Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Kompleksitas pekerjaan untuk mengolah data ini tergantung dari jumlah mahasiswa, jumlah mata kuliah, dan jumlah parameter penilaian. 

Suatu mata kuliah memiliki minimal dua parameter penilaian, yaitu nilai Ujian Tengah Semester (UTS) dan nilai Ujian Akhir Semester (UAS). Selain itu ada parameter opsional, seperti nilai tugas, kuis dan proyek. Penelitian komputasi paralel menggunakan MPI yang sudah pernah dilakukan di antaranya adalah untuk implementasi pengolahan paralel pola Williamson Array dalam Pembangunan Matriks skew-Hadamard, dan untuk menghitung nilai akhir mata kuliah Metode Numerik di Jurusan Matematika Universitas Andalas.

Pada jurnal tersebut dilakukan penelitian yang diawali dengan pemahaman lebih lanjut mengenai komputasi paralel dan cara membangun virtual platform menggunakan perangkat lunak yang dinamakan MPI, kemudian ditentukan jumlah prosesor dan topologi interkoneksi yang akan digunakan Tahap berikut adalah membuat interkoneksi antar-komputer dan membentuk virtual platform. Kemudian ditentukan cara pendistribusian data ke semua prosesor dalam sistem, sehingga beban kerja pada masing-masing prosesor seimbang, dengan harapan semua prosesor akan dapat menyelesaikan kerjanya dalam waktu yang relatif sama.
  1. Dari penelitian pada artikel tersebut didapatkan beberapa kesimpulan yaitu,
  2. Nilai relative speedup yang lebih tinggi mencerminkan kinerja komputasi yang lebih baik dan waktu komputasi lebih singkat.
  3. Komputasi paralel mampu memberikan kinerja komputasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja komputasi sekuensial dalam pengolahan prestasi akademik mahasiswa.
  4. Peningkatan nilai relative speedup sejalan dengan penambahan jumlah komputer paralel / prosesor dan jumlah proses paralel. Penambahan jumlah proses paralel tanpa menambah jumlah komputer paralel / prosesor tidak memberikan peningkatan nilai relative speedup yang signifikan, seperti pada model pengujian kelima.



Pada jurnal tersebut juga dilampirkan hasil pengujian komputasi paralel


Link File :  https://drive.google.com/file/d/1XWkh28iCBKfC0bdty-AZVY7I-T0UOU22/view?usp=sharing


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Tugas 3 Softskill - Pengantar Komputasi Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel