-->

Cara Memilih Hewan Kurban Yang Sehat

Cara Memilih Hewan Kurban Yang Sehat -  Sebentar lagi kita sebagai umat muslim akan menyambut Hari Raya Idul Adha 2019 yang jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019. Hari Raya Idul Adha dirayakan dengan melakukan penyembelihan terhadap hewan ternak yang boleh di kurban kan seperti Domba, Kambing, Unta, Kerbau dan Sapi. dan dengan saling berbagi potongan daging hewan kurban seperti daging Domba, Kambing, Kerbau atau Sapi.

Hari Raya Idul Adha via shutterstock

Menjelang Hari Raya Idul Adha, para penjual Hewan Kurban mulai banyak bermunculan di desa maupun kota. Mungkin bagi kamu yang ingin berkurban tidak salah jika ingin mencari tahu terlebih dahulu Cara Memilih Hewan Kurban Yang Sehat dan Baik Menurut Ajaran Agama Islam Supaya Hewan yang sudah dibeli sesuai dan layak untuk di kurbankan.

Tidak ada salahnya jika kamu mulai mencari tahu kriteria hewan yang layak untuk dikurbankan. Karena hewan yang layak di konsumsi dagingnya bisa dilihat dari fisik hewan kurban itu sendiri.

Berikut ini adalah cara memilih hewan kurban yang sehat dan insya Allah baik menurut ajaran agama islam
  • Pertama, pastikan hewan yang untuk di kurban kan sudah cukup umur. Disarankan untuk memilih hewan Sapi atau Kerbau, yang berusia 2 (dua) Tahun. Sedangkan untuk Kambing adalah yg berusia 1 (satu) Tahun dan Domba yang berusia 6 bulan sama saja nilainya dengan kambing yang berusia 1 tahun Menurut HR. Abu daud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan dishahihkan Al-Albani.
  • Kedua, pastikan hewan tidak memiliki luka pada bagian tubuh, tidak cacat, bisa berdiri tegak, napas teratur, bola mata pada hewan bening, area sekitar mulut hewan bersih, kotorannya padat dan yang pasti Fisik Hewan tersebut dalam keadaan baik-baik tidak sedang sakit. Karena hewan yang cacat  buta sebelah matanya dan jelas butanya, sakit dan jelas sakitnya, pincang dan jelas pincangnya, dan sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang akan menyebabkan hewan menjadi tidak sah untuk di jadikan Hewan Kurban.
  • Ketiga, pastikan hewan yang ingin dikurban kan milik sendiri. atau bukan hewan curian atau milik orang lain. Tidak sah ia ber kurban dengan hewan hasil mencuri dan merampok,
  • dan yang Terakhir yaitu membeli hewan kurban yang diternak dilingkungan kandang yang bersih. Kandang yang bersih juga berpengaruh pada kualitas calon hewan kurban. Pilihlah hewan ternak yang dipelihara di kandang yang terjaga kebersihannya, jauh dari polusi udara, memiliki cahaya cukup, dan kandang beratap.

Itu saja yang dapat saya sampaikan bagaimana Cara Memilih Hewan Kurban Yang Sehat. Terimakasih sudah membaca tulisan ini Semoga dapat bermanfaat..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memilih Hewan Kurban Yang Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel