-->

Fresh Graduate Yang Ingin Kerja Wajib Tahu 5 Tips Sebelum Mencari Pekerjaan Berikut ini


Sebagai Fresh Graduate atau yang baru lulus melakukan study, target selanjutnya adalah bekerja. Ketika ingin memasuki dunia kerja, tentu kamu harus melewati proses recruitment dan seleksi. Terkadang proses ini bisa menjadi hal menegangkan sekaligus menyenangkan  bagi para Fresh Graduate, karena di situlah biasanya kemampuan kamu diuji, apakah kamu layak atau tidak untuk diterima atau tidaknya di perusahaan yang diinginkan.


Untuk itu buat kamu yang Fresh Graduate Yang Ingin Kerja Wajib Tahu 5 Tips Sebelum Mencari Pekerjaan Berikut ini:

1. Mempunyai Tujuan
Pertama kalian harus tau daftar perusahaan mana yang menyediakan lapangan pekerjaan, apa kerjaan yang dinginkan, dan kerja di posisi sebagai apa. Wajib kamu tau hal-hal seperti itu. Setelah kamu sudah mempunyai tujuan dan daftar perusahaan yang menerima lapangan kerja, mulailah melakukan riset pada perusahaan yang akan kamu lamar tersebut. Agar pada saat di wawancara nanti diri kamu akan yakin pekerjaan itu cocok buat kamu.

2. Punya Kemampuan atau Skill Memadai
Jika kamu sekolah sampai lulus SMA/SMK atau bahkan sudah sarjana juga belum tentu membuat orang otomatis mengetahui keinginan dan kemampuan yang sebenarnya. Mencari pekerjaan itu tidak harus yang ada kaitan nya dengan mata kuliah pada saat anda belajar dulu.

Pastikan pada saat ingin melamar kerja kamu tau skill atau kemampuan diri sendiri. Jangan pada saat melamar pekerjaan dengan posisi tertentu yang memerlukan kemampuan tertentu, kamu malah tidak mempunyai kemampuan pada posisi tersebut. Oleh karena itu, Cari tahu apa yang menjadi keahlian  atau kegemaran, bisa saja itu menjadi skill atau kemampuan kamu bekerja nanti.

3. Buatlah CV Yang Sesuai Dengan Posisi & Kemampuan
Buat lah Curriculum Vitae (CV) yang menarik se-kreatif mungkin saat akan melamar pekerjaan. Ada baiknya sebelum membuat CV, alangkah baiknya kenali pekerjaan yang mau kamu lamar. Pastikan bahwa CV tersebut menjelaskan profil kamu dengan detail siapa nama kamu dan apa saja yang sudah kamu kerjakan, Kemampuan yang dimiliki apa.

Selain itu, usahakan untuk memberikan lampiran yang memang sesuai dengan pekerjaan kamu. Pastikan nomor hanphone & email yang di cantumkan di CV aktif dan dapat dihubungi. Hal-hal seperti ini dimaksudkan untuk menambah nilai jual pada diri kamu.

4. Sudah Di Terima Ternyata Selama ini Tidak Cocok, 
Bagaimana kalau selama ini kita kerja ternyata tidak cocok? Kembali pada point nomor 2. Kamu harus melihat lagi kemampuan diri kamu. Kirimlah lamaran pekerjaan yang sesuai dengan skill dan kemampuan kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fresh Graduate Yang Ingin Kerja Wajib Tahu 5 Tips Sebelum Mencari Pekerjaan Berikut ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel