REVIEW TOKO ONLINE DI INDONESIA SEBAGAI MAHASISWA IT
November 20, 2016
Add Comment
REVIEW TOKO ONLINE DI INDONESIA
SEBAGAI MAHASISWA IT
Nama : Boy Ramdany
NPM : 51416471
KELAS : 1IA01
NPM : 51416471
KELAS : 1IA01
TEKNIK
INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
Pengertian Online Shop
Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses
pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan
melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli
barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus
Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu
harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud
‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer,
dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli
secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh
transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau
online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan
oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online
berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan,
namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu
mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)
Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen
dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode
antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan
Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru,
Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga
dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373
responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya
tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar
tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi
dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog,
multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang
ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang
membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.
Pada awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh
masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer,
jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli
tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, dikarenakan oleh faktor
kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai
mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan berbelanja dengan online.
Kelebihan Online Shop
Bisnis Online yang mulai menjamur ini di anggap menjanjikan bagi beberapa
pihak. Keuntungan yang di hasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak
perlu bermodal ‘toko’ secara fisik untuk mempromosikan barang yang di jual,
kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website
atau ‘toko virtual’ milik kita melalui internet.
Tak hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tingal meng
‘klik’ saja, menurut Iqbal Maulana, 2012, 7 alasan orang lebih memilih
melakukan belanja online atau online shop antara lain :
1.
Hemat Tenaga
Belanja secara online juga dapat menghemat tenaga. Anda tak perlu repot
mengantre di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai
pembeli, Anda juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut.
Sedangkan jika belanja melalui onlie, Anda bisa 'melayani diri sendiri' dengan
cepat tanpa harus menunggu waktu lama.
2.
Mengurangi Rasa Lelah
Untuk pergi ke mal Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk naik angkutan umum atau
mengendarai kendaraan pribadi. Apabila Anda berbelanja secara online, Anda bisa
berbelanja sambil duduk-duduk santai atau tiduran di atas tempat tidur. Bisa
juga sambil menonton tv.
3.
Tidak Repot
Jika memang ingin berbelanja banyak, Anda tak perlu repot membawa kantong
belanjaan yang menumpuk. Karena jika berbelanja melalui online, Anda hanya
tinggal menunggu barang-barang yang dibeli dikirim ke rumah.
4.
Mudah Membandingkan Harga
Daripada menyusuri mal dari satu toko ke toko lainnya hanya untuk membandingkan
harga baju yang diincar, lebih baik Anda membandingkannya melalui online
shopping. Umumnya situs online shopping menjual barang yang sama dengan situs
onle shopping lainnya, namun harganya bisa saja berbeda.
5.
Tidak bertatap muka
Belanja online juga memang di lakukan melalui internet , banyak orang yang
memang mencari online shop agar tidak bertatap muka kepada penjualnya, salah
satunya faktor malu , semisal saja Anda ingin membelikan istri Anda lingerie ,
pasti Anda malu jika harus masuk ke yang jual lingerie di pusat perbelanjaan
bukan ?
6.
Hemat Waktu
Belanja online juga dapat menghemat waktu Anda tanpa harus macet-macetan di
jalan. Tentu saja Anda bisa berbelanja hanya dengan waktu beberapa menit.
Sehingga waktu tak banyak terbuang dan masih bisa melakukan aktivitas lainnya.
7.
Nyaman
Kenyamanan juga menjadi salah satu faktor mengapa lebih baik belanja secara
online. Anda bisa berbelanja kapan saja sesuka Anda, meskipun tengah malam
sekalipun.
Kekurangan Online Shop
Ada juga sebagian masyarakat yg masih takut untuk melakukan belanja secara
online. Sebagian orang takut untuk membeli barang secara online karena
menganggap barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum
dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika
hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di
beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya,
mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya
setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.
Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan
sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online (online
shop), tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan untuk mencoba
belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di
jejaring social media seperti facebook dan twitter.
Analisis
Pengembangan Bisinis Online
Membangun
sebuah komunitas adalah sangat penting untuk pengembangan bisnis online shop,
seperti mencari pertemanan, kolega, rekan bisnis, sesama penggemar di mana
dibentuk dalam satu wadah khusus. Komunitas sederhananya adalah untuk membangun
sebuah kelompok yang mempunyai kesamaan visi dan misi.
Kelompok tersebut akan menjadi besar jika ada aktivitas rutin, diskusi, forum,
atau tanya jawab seputar kegiatan yang akan kita bentuk misalnya Asosiasi
Properti yang membahas masalah properti seperti apartemen, penthouse dan
perumahan.
Komunitas online shop bisa kita bentuk melalui website seperti forum atau yang
lebih sederhana menggunakan mailist, atau yang sedang trend saat ini
menggunakan facebook. Komunitas offline anda bisa mengadakan home meeting /
home sharing yang bisa secara rutin Anda lakukan di group Anda.
Jika Anda bisa membangun cara ini, maka group Anda bisa menjadi kokoh dalam
waktu yang relatif singkat, karena pertemuan seperti itu bisa menciptakan
sebuah loyalitas dalam sebuah kelompok atau group.
Cara ini sangat ampuh jika kita gunakan untuk mengembangkan bisnis online shop,
walaupun dengan berbagai kelemahan dan kelebihannya bisnis online masih banyak
menuai kontroversi, karena banyaknya korban berjatuhan.
Dengan adanya komunitas bisa mengurangi korban
korban baru dan bisa memperbaiki citra bisnis online shop dan memberikan
keuntungan khusus Diskon Barang Asosiasi dari sebuah komunitas tersebut
Demikian juga dengan MLM atau Network Marketing, inilah bisnis yang sangat
kontroversi, paling dibenci sekaligus di cari.
Apapun pendapat Anda bisnis ini paling banyak menciptakan jutawan atau milyuner
dalam waktu yang relatif singkat dan dengan modal yang sangat minim.
Di bisnis ini anda wajib punya komunitas yang loyal, jika anda ingin disebut
sebagai leader sejati Anda harus memiliki syarat utama, seperti citra yang baik
(bukan kutu loncat), mempunyai pemahaman yang baik ttg bisnis ini, mempunyai
pribadi yang santun dan suka membantu, dan pada akhirnya banyak orang yang
percaya dengan kredibilitas anda.
Membangun komunitas di network marketing perlu waktu yang relatif lama, perlu
pembuktian, dan perlu pelayanan yang lebih dari Anda.
Jika
itu tidak dilakukan maka tidak lama kemudian jaringan Anda akan mati perlahan
lahan, dan anda akan gagal.
Kesimpulan
1. Online shop merupakan salah satu sarana yang mempermudah kita dalam proses pembelanjaan
dan pemesanan barang apapun.
2.
Online shop memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan manusia.
3.
Selain dampak positif, shopping online memiliki dampak yang buruk
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya.
Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar
busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan
pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis,
kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan
profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian
barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui
internet.
Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan
wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor
computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi
jual/beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, barang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum
dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jika
hanya melihat gambar, dan mengira ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di
beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya,
mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya
setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian
besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu
terlebih dulu kepada toko online, baru barang di kirim.
Saran
Sebaiknya jika hendak melakukan transaksi didalam
shopping online, kita harus lebih berhati-hati guna untuk mencegah terjadinya
penipuan. Kita harus mencari tahu terlebih dahulu sumber-sumber yang berkaitan
dengan barang tersebut. Hal itu dilakukan agar penipuan-penipuan yang terjadi
dalam transaksi shopping online dapat berkurang dan transaksi shopping online
dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Dan dalam berwirausaha harus memiliki
keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk
memulai bisnis tidak seperti sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh
komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal
lagi. Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan
perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya
penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.
Daftar Pustaka
0 Response to "REVIEW TOKO ONLINE DI INDONESIA SEBAGAI MAHASISWA IT"
Post a Comment