-->

Perbedaan marketplace antara tokopedia, bukalapak, dan shopee

4SharedMedia -  Sebelum saya membahas Perbedaan marketplace antara tokopedida, bukalapak, dan shopee ada baiknya mengetahui dulu profil pada ketiga perusahaan tersebut. dibawah ini adalah Profil dari ketiga perusahaan E-Commerce tersebut:



PROFIL  PERUSAHAAN TOKOPEDIA, BUKALAPAK, SHOPEE

Tokopedia : Tokopedia didirikan oleh dua orang dengan latar belakang IT. yaitu William Tanuwijaya (asli nya berasal dari Pematang Siantar, Sumut) dan Leontinus Alpha Edison (asli nya berasal dari Pontianak, Kalbar) dan di bantu juga oleh Victor Fungkong (CEO Indonusa - Pemodal pertama Tokopedia). Mereka mulai membangun Tokopedia sejak Januari 2009 dan Resmi meluncurkan tokopedia ke publik pada tanggal 17 Agustus 2009.

Bukalapak: Awalnya bukalapak sebagai divisi agensi digital yang bernama Suitmedia yg berada di Jakarta. Bukalapak baru berstatus sebagai PT(Perseroan Terbatas) pada September 2011 yang di kelola oleh Ahmad Zacky sebagai CEO (Chieft Excecutive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer). Setelah berdiri kurang lebih setahun bukalapak mendapat banyak penambahan modal dari Takeshi Ebihara (Pimpinan perushaan Batavia Incubator) dan Kuan Hsu (GREE Ventures). Pada tanggal 18 Maret 2014 bukalapak resmi meluncurkan aplikasi mobile Bukalapak untuk melakukan transaksinya melalui smartphone.

Shopee: Shopee indonesia adalah satu pusat perbelanjaan yang di kelola oleh SEA Group yg sebelumnya bernama Garena. Shopee resmi di luncurkan ke Indonesia pada Desember 2015 dibawah naungan PT Shopee International Indonesia. sejak peluncuran shopee mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga sampai sekarang.


PERBEDAAN MARKETPLACE TOKOPEDIA, BUKALAPAK, SHOPEE

1. KEHARUSAN MENDAFTAR AKUN (REGISTER)

Tokopedia : harus memiliki akun jika ingin berbelanja, tidak menyediakan fitur delete akun

Bukalapak: bisa belanja tanpa daftar, harus menggunakan email dan konfirmasi pembayaran

Shopee: harus memiliki akun jika ingin berbelanja, menyediakan fitur delet akun, proses 2x24 jam


2. INTERFACE 

Tokopedia : user friendly baik di pc atau mobile, warna dan tampilanya enak dilihat. simpel

Bukalapak: membingunkan terlalu banyak menu bar. apalagi dari segi warna

Shopee: tampilanya bagus seperti tokopedia namun membingungkan saat diaplikasi gadget


3. FITUR ORDER SEBAGAI DROPSHIPPER

Tokopedia :  tokopedia menyediakan fitur order sebagai dropshipper

Bukalapak: tidak menyediakan fitur tersebut.

Shopee: shopee menyediakan fitur order sebagai dropshipper.


4. KODE UNIK TRANSAKSI DAN SELANG WAKTU PEMBAYARAN

Tokopedia :  menggunakan 2 kode unik. selang waktu 24 jam

Bukalapak: menggunakan 3 kode unik selang waktu hanya 10 jam

Shopee: shopee


5. PERBANDINGAN CHATING OBROLAN

Shopee memiliki kelebihan yaitu seller bisa mengirikan foto dari luar produk, kata lain bisa kirim foto langsung dari galeri HP ke ke dalam chating aplikasi shopee.

Bukalapak pun menyediakan fitur ini "send picture galery" sama seperti Shopee

Tokopedia hanya bisa mengirimkan foto yang sesuai produk di dalamnya saja (tidak bisa ambil foto dari galery hp) itupun masih berbentuk scrip/link produk ketika terkirim ke pelanggan jadi memang sangat menyusahkan bagi reseller atau penjual.


6. LAYANAN PUSH ATAU MENGIKLANKAN PRODUK

Tokopedia
Baru baru ini sudah menyediakan opsi ini, yaitu TopAds dan GoldMerchant pengaturannya pun terbilang sangat mudah bisa dilakukan langsung dari dalam aplilkasinya, jenis iklan di tokopedia termasuk recomended karena produk kita bisa muncul di mana saja.

Shopee
Iklanku Shopee bisa Anda manfaatkan, hanya saja, kita harus mengunjungi situs Shopee versi deskop untuk menjalankan Push/Iklankan Produk. Jika masih awan hal ini terlalu sulit dan tidak mudah di pahami. Jenis iklan Shopee yaitu hany mengandalkan keyword/kata kunci, #hastag, dimana iklan produk akan muncul ketika pengunjung mengetik kata kunci #hastag yang ada di dalam descripsi produk shopee.

Bukalapak
Tentu kita semua sudah tahu bahwa Bukalapak sedari awal sudah menyediakan fitur ini bagi para pelapaknya. Setiap kita Upload produk terbaru fitur ini akan muncul PUSH/Iklankan Produk dengan nominal klik yang di inginkan, namun tetap saja agar push bisa digunakan, kita harus membeli terlebih dahulu berapa push yang akan kita gunakan sebagai iklan produk, semakin tinggi nilai pengeluaran iklan semakin besar kemungkinan iklan akan muncul di banyak tempat. Jenis iklan Bukalapak sama seperti Tokopedia.


7. BIAYA ONGKOS KIRIM

Shopee
Dari awal masuknya shopee ke indonesia hingga saat ini slalu menawarkan ongkir gratis yang bisa di nikmati bagi para penggunanya. Walaupun faktanya hanya subsidi 30-50rb / setiap pembelian produk dengan nominal harga yang di tentukan berlaku 1 kali digunakan untuk 1 akun  (sewaktu-waktu bisa saja berubah) walaupun begitu nyatanya memang sangat membantu bagi seller dan reseller.

Tokopedia
Menawarkan free ongkir ketika Event saja, hal yang harus di lakukan dalah opsi opsi tertentu seperti contohnya wajib "masukan kode promo" dan kadang pemberitahuannya kurang diketahui bagi para buyer yang masih awam.

Bukalapak
Masih kurang transparan ketika mengadakan free ongkir, dan jarang sekali mengadakan event seperti gratis ongkos pengiriman. (kita tunggu saja)


8. NOTIFIKASI STOCK PRODUK

Shopee
Secara otomatis akan berkurang ketika stok produk laku terjual. Artinya kita bisa langsung mengetahui melalui notifikasi pemberitahuan "stok produk habis".

Tokopedia
Walaupun tersedia untuk fitur stok produk namun tidak berkurang secara otomatis ketika produk habis laku terjual. Tanpa adanya notifikasi pemberitahuan "stok produk habis terjual".

Bukalapak
Tidak tersedia fitur stok produk. Pelapak hanya bisa melampirkan jumlah stok di setiap descripsi produk.


9. LAYANAN KONTAK PENGADUAN

Shopee
Lebih mudah ketika ingin mengajukan komplain langsung ke Customer Service Shopee, melalui pesan email, ataupun telepon.

Tokopedia
Pengaduan di Tokopedia bisa dibilang sama seperti shopee, hanya saja jika keluhan yang di kirim melalui pesan email respon yang di dapat terbilang cukup lama.

Bukalapak
Untuk Bukalapak hanya tersedia nomor telp Customer Service yang bisa di hubgungi, yang pada umumnya akan memakan biaya pulsa ketika melalui telepon.


10. BERDASARKAN PERINGKAT ALEXA RANK. (28 Juni 2018)


Tokopedia
Tokopedia memiliki peringkat nomer 6 di indonesia, dan Peringkat 114 untuk Global Rank mencakup seluruh negara

Bukalapak
Untuk Bukalapak memiliki peringkat no 7 di Indonesia, dan Peringkat 166 untuk Global Rank (mencakup seluruh negara). bukalapak masih sedikit dibawah tokopedia untuk peringkat di indonesia




Shopee
Untuk Shopee peringkat di indonesia masih jauh dari pada tokopedia dan bukalapak yaitu , Peringkat ke 10 di indonesia,. Tapi Shopee lebih unggul dari pada bukalapak dalam rank global,



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan marketplace antara tokopedia, bukalapak, dan shopee"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel